Sebelum kamu mulai belajar mengemudi, ada baiknya jika kamu menyiapkan beberapa hal penting berikut ini, yaitu:
Niat yang kuat
Ingat segala sesuatu itu tergantung pada niatnya, ada baiknya jika kamu meluruskan niat terlebih dahulu sebelum memulai. Hehe..
Sebuah Mobil
Terserah bagaimana mendapatkannya yang penting memenuhi syarat-syarat
seperti: bukan mobil curian, disarankan menggunakan mobil yang masih
menggunakan fasilitas kopling (manual), disarankan juga memilih mobil
yang berukuran besar seperti kijang, panther, atau sejenisnya.
Seorang Pengajar
Ingat!! orang tersebut harus lah orang yang sudah bisa mengemudi, jangan memilih orang yang sama-sama sedang belajar. Hehehe…
Hari Pertama
Awali hari pertama dengan membaca Basmallah. Di hari pertama ini yang
dilakukan adalah memahami kontrol dasar dari setiap fitur dashboard
mobil yang ada. Memang setiap mobil berbeda-beda, tapi paling tidak
kamu harus mengerti cara menghidupkan dan mematikan mesin, cara
menggunakan lampu sen dan lamu hazard, menggunakan lampu utama dan lampu
jarak jauh, menjalankan wiper untuk mengatasi hujan, dan sebagainya
Jika sudah paham, sekarang saatnya mempelajari aturan dasar tentang
mengemudi. Ada banyak aturan dasar tapi paling tidak minimal harus paham
tentang penggunaan jalur kiri dan kanan, etika dalam mendahului, dan
arti rambu-rambu lalu lintas yang ada.
Capaian hari pertama ini adalah kamu harus sudah menguasai semua teori tentang dua hal diatas.
Hari Kedua
Saatnya terjun ke lapangan, yup benar-benar ke lapangan. Carilah sebuah
lapangan disekitar kompleks rumah Anda untuk berlatih maju dan mundur.
Tujuannya adalah membiasakan diri Anda bermain dengan kopling. Pastikan
Anda sudah bisa menjalankan mobil dengan halus tanpa getaran mesin yang
terasa (apalagi jika mesinnya mati-mati terus). Jika sudah, silahkan
keluar dari lapangan dan mulailah menjalankan mobil Anda di jalanan
kompleks rumah. Biasakan diri Anda dengan melakukan perpindahan tingkat
kecepatan berulang-ulang (ganti-ganti gigi maksudnya). Latih juga mata
Anda untuk melihat ke belakang dengan menggunakan kaca spion. Sangat
dianjurkan untuk memilih track yang lurus dan datar di hari kedua ini.
Hari Ketiga
Hari ini menunya masih sama dengan hari sebelumnya, bedanya hari ini
Anda berpindah track (lintasan) dari yang lurus ke yang lebih
berbelak-belok. Ok, segera cari lintasan yang berkelak-kelok di kompleks
perumahan Anda. Jangan meremehkan teknik belok, karena walaupun
sederhana teknik ini cukup sulit diimplementasikan dengan sempurna. Yang
perlu diperhatikan ketika berbelok adalah jangan sampai mengambil
jalan pengemudi lain. Sekedar informasi, belok kanan lebih sulit
daripada belok kiri karena hampir bisa dipastikan Anda akan memotong
jalan pengemudi lain.
Hari Keempat
Sekarang saatnya menanjak, cari tanjakan di sekitar kompleks rumah Anda,
lalu berlatihlah di sana. Ada dua teknik dalam dalam dunia mengemudi,
pertama menggunakan rem tangan, dan yang kedua menggunakan seni
permainan kopling. Hari ini adalah hari dimana Anda belajar untuk
menguasai kedua teknik tersebut. Lakukan di berbagai macam tingkat
kecuraman tanjakan dan lakukan variasi menanjak secara maju dan mundur.
Ingat!! perhatian juga temperatur mesin mobil Anda, karena pada
dasarnya fungsi kopling adalah menjaga agar mesin Anda tidak mati dan
memainkan kopling sama dengan memainkan mesin mobil Anda untuk menaik
turunkan kinerjanya. Ciri mesin mobil sudah panas adalah asap yang
muncul dari kap mesin. Hehehe…
Salah satu trik yang sangat perlu dipelajari adalah bagaimana caranya menahan mobil tetap stabil tidak mundur ketika berada di tanjakan tanpa menggunakan rem kaki maupun rem tangan. Hal ini hanya bisa dilakukan dengan kombinasi gas dan kopling yang pas. Berlatih berlatih dan berlatih, satu-satunya cara supaya bisa mahir teknik ini.
Salah satu trik yang sangat perlu dipelajari adalah bagaimana caranya menahan mobil tetap stabil tidak mundur ketika berada di tanjakan tanpa menggunakan rem kaki maupun rem tangan. Hal ini hanya bisa dilakukan dengan kombinasi gas dan kopling yang pas. Berlatih berlatih dan berlatih, satu-satunya cara supaya bisa mahir teknik ini.
Hari Kelima
Anda sudah menguasai jalan menanjak?? Saatnya belajar memarkir mobil.
Yap, teknik yang cukup sulit, hampir sama tingkat kesulitannya dengan
menanjak atau bahkan bisa menjadi lebih sulit untuk kondisi tertentu.
Pertama pelajari parkir mundur seperti jika memarkirkan mobil di tempat
parkir biasa, lakukan dari arah kiri dan kanan. Selanjutnya pelajari
teknik parkir horizontal. Teknik parkir ini biasa digunakan jika kita
menghadapi tempat parkir yang paralel. Parkir paralel ini merupakan
tantangan yang luar biasa sulit bagi pemula. Saya pernah berusaha parkir
dan menghabiskan 30 menit untuk bisa memarkir dengan pas. Hehe… Jika
sudah, lanjutkan dengan kombinasi memarkir dan menanjak, yaitu dengan
mencoba memarkir di tanjakan. Capaian hari ini adalah Anda sudah
menguasai berbagai macam teknik memarkir untuk berbagai macam kasus
parkiran yang umum.
Hari Keenam
Saatnya turun ke jalan!! Yup, coba keluar dari kompleks rumah Anda. Kali
ini coba lah menjadikan jalan besar di kota Anda sebagai track-nya.
Gunakan segenap kemampuan yang telah Anda pelajari di hari sebelumnya
untuk menaklukan jalanan kota. Hehe… Oiya, jangan lupa pelajari juga
cara mengisi bensin yang benar. Biasanya pemula tidak tahu caranya
membuka tutup tangki bensin. hehe.. [Pernah kejadian saya tidak tau
posisi pembuka tanki mobil karena pinjam mobil Dosen, untungnya bisa
dengan sukses menahan malu dan meminta bantuan petugas POM bensin)
Hari Terakhir
Saatnya keliling kota atau belajar negebut! Sejujurnya tidak ada yang
harus diajarkan dalam hal mengebut (menjalankan kendaraan dengan
kecepatan diatas 60 Km/jam) karena memang itu adalah kemampuan natural
yang pasti muncul dengan sendirinya di kalangan para pengemudi
profesional. Apalagi yang masih muda dan baru belajar, pasti pengen
merasakan rasanya agak ngebut.. Hehe… Hanya saja perhatikan kondisi
kendaraan dan kondisi sekitar kendaraan sebelum menggeber mobil Anda
dengan berkecepatan tinggi. Jalan tol adalah tempat yang tepat untuk
mengimplementasikan teknik yang satu ini. WARNING: peringatan tips ini
hanya bisa Anda lakukan jika Anda sudah benar-benar yakin bisa
mengendalikan mobil dan pastikan Anda mematuhi aturan yang berlaku,
misalnya kecepatan maksimal tidak lebih dari 100 km/jam. Resiko fatal
seperti kejadian anak artis di tahun 2013 bisa terjadi kesiapapun.
Waspadalah-waspadalah.
Selamat, Kini Anda sudah bisa mengemudi mobil hanya dengan 7 hari. hehehe…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar