Wisata Sejarah di Kabupaten Pelalawan

Kabupaten Pelalawan adalah salah satu kabupaten di Provinsi Riau, Indonesia, dengan ibu kota Pangkalan Kerinci. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kampar. Dalam artikel ini Esemka Driving School akan mengulas beberapa tempat wisata yang ada di Kabupaten Pelalawan khususnya wisata sejarah.
  • Makam Mahmud Syah dari Malaka 

Sultan Mahmud Syah adalah raja kedelapan dan terakhir dari Kesultanan Malaka. Dia dipilih sebagai raja menggantikan ayahnya, Sultan Alauddin Riayat Syah I, melangkahi saudaranya yang lebih tua, Munawar Syah.
Pemerintahan Sultan Mahmud Syah atas Malaka berakhir dengan serangan Portugis yang menaklukkan  Malaka pada  1511. Mahmud Syah kemudian memindahkan ibu kotanya ke Bintan. Setelah ibu kota di Bintan dibumihanguskan Portugis, dia kemudian mengundurkan diri ke Kampar, tempat dia wafat pada tahun 1528.
Putra ke-2 Sultan Mahmud Syah, Alauddin Riayat Syah II kemudian mendirikan kerajaan baru di Johor. dan Putra Sulang Sultan Mahmud Syah, Mudzaffar Syah kemudan mendirikan kerajaan baru di Perak.

  • Istana Kesultanan Pelalawan

Kesultanan Pelalawan atau Kerajaan Pelalawan (1725 M - 1946 M) yang sekarang terletak di Kabupaten Pelalawan, adalah satu dari beberapa kerajaan yang pernah berkuasa di Bumi Melayu yang turut serta berpengaruh dalam mewarisi budaya Melayu dan Islam di Riau. Sedangkan gelar atau sebutan bagi Raja Pelalawan adalah Tengku Besar (Tengkoe Besar).

Sebenarnya masih ada beberapa wisata sejarah lagi yang ada di Kabupaten Pelalawan yang tidak dapat Esemka Driving School tuliskan ulasannya disini, tetapi sebagai gambaran umum dapat kita tuliskan diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Komplek Makam Raja-Raja Pelalawan

  • Balai Adat Pelalawan

  • Makam Panglima Kudin
 Semoga artikel ada manfaatnya bagi kita semua, apabila ada kesalahan penempatan gambar dan keterangan mohon masukan dan sarannya demi perbaikan dimasa yang akan datang.

Share:

2 komentar:

  1. keren istananya cantik masih terawat.. di lombok situs istana udah hilang .. Kalo ke Lombok emang paling enak snorkeling di gili trawangan, apalagi kalo bisa sampai mencoba snorkeling di pantai pink lombok, banyak ikan dan koralnya masih perawan.. Terimakasih untuk artikel yang sangat bermanfaat ini, kami bertambah pengetahuan setelah membaca artikel ini, para pembicara internet marketing selalu menyarankan untuk kita terus menulis artikel bermanfaat seperti ini, salam dari mutiara untuk membawa kesuksesan pearl necklace price dari Indonesia dan sukses selalu untuk Anda.

    BalasHapus

Technology

Popular

Recent Posts